Wednesday, June 19, 2019

Ternak Parkit, Salah Satu Budidaya Yang Menguntungkan !

Ternak Parkit, Salah Satu Budidaya Yang Menguntungkan !

Budidaya Parkit


Burung parkit, semua pasti tahu kan burung ini, Salah satu jenis burung jenis paruh bengkok. Burung ini adalah burung pemakan biji-bijian, dan menyukai berbagai jenis buah dan sayuran seperti kangkung dan juga jagung.



ternak parkit


Burung parkit terkenal akan kecerdasannya yang sangat mengagumkan, tidak mau kalah dengan jenis paruh bengkok lainnya yang memang terkenal sebagai burung cerdas seperti burung kakatua, macaw, sunconure, dan masih banyak lagi.

Burung parkit ini apabila dilatih dengan step by step dan tahap yang sesuai maka akan menjadi burung yang sangat bonding. Bahkan di negara lain seperti jepang, korea, china, dan amerika serta sekitarnya, pemeliharaan burung parkit ini dengan cara di umbar di dalam rumah, bebas berterbangan tanpa takut kabur. Karena burung parkit nya sudah jinak.





Di indonesia sendiri burung parkit saat ini banyak dipelihara ada yang sebagai masteran burung lain, adapula yang di latih agar jinak dan menurut. Diantara skill burung parkit ada FTM (Fly to Me), Jump Up, Jump Down, FF ( Free Fly). Dalam mencetak parkit yang jinak tidak mudah, harus tahu bagaimana karakter burung, dan bagaimana cara mengatasi burung yang agresif.

Jenis burung parkit yang sering di pelihara di indonesia antara lain :

1. Parkit lokal
2. Parkit Lutino
3. Parkit Taiwan
4. Parkit Holland
5. Parkit Rosella
6. Parkit Australia

Nah sebab itulah budidaya burung parkit ini memiliki peluang yang tinggi sebagai usaha di bidang budidaya. Selain itu saat ini harga burung parkit cukup terjangkau untuk jenis yang lokal. Harganya di sekitar 50 rb hingga 100 rb. Beda lagi dengan parkit dengan jenis Japanese crested, parkit ini sangat indah dengan bulu jabriknya. Harga Japanese Crested ini bisa mencapai angka 1,5 jt per ekornya. Mantap kan. Mau coba ternak parkit ?

Ternak Burung Parkit


Kali ini rumahusahaku.com akan berbagi tips ternak parkit dengan sistem batere, Kenapa sistem batere ?

Karena sistem batere ini tidak memakan tempat yang luas, lebih mudah di kontrol. Dan yang paling penting adalah kwalitas yang diciptakan lebih bagus karena tidak terjadi perkawinan silang sembarangan seperti pada sistem koloni.

Lalu apa saja yang di perlukan ? berikut adalah hal - hal yang harus di perlukan dalam budidaya parkit menggunakan sistem batere 


1. Kandang


Kandang yang digunakan adalah kandang segi empat bersekat buatan pabrik, selain murah dan praktis. Ukuran kandang yang digunakan LxPxT: 40x60x40 cm, kandang ini banyak dijual kios-kios penjual burung. 

Dengan kandang seperti kita bisa menempatkan kandang dalam posisi bertingkat, sehingga sangat efisien dalam penggunaan ruangan yang terbatas. Untuk ukuran ruangan 2 meter persegi kita dapat memelihara 32 pasang parkit dengan sistem batere.

budidaya parkit

Ada beberapa kelebihan dengan sistem ini, menghemat tempat, mudah pengawasannya kalau terjadi musim penyakit, mencegah terjadinya kawin silang yang tidak kita harapkan dan hasil yang maksimal.

 2. Tangkringan


Tangkringan yang terbaik kita menggunakan kayu asem diameter 1 cm, Kayu asem selain cukup kuat 
dan keras dari gigitan parkit juga sifat kulitnya yang kasar sehingga kuku parkit tidak mudah panjang

3. Wadah pakan dan minum


Tempat pakan dan minum lebih baik  menggunakan yang berbahan akrilik. Selain praktis, air minum yang kotor mudah terlihat.

4. Totok sotong


Dibutuhkan untuk asupan mineral kalsium, terutama pada saat pembentukan cangkang telur. Kekurang zat kalsium menyebabkan kulit telur tipis atau lembek.

5. Glodog

jenis parkit


Penulis menggunakan glodog sistem luar yang dirancang sendiri, dengan ukuran TxPxL: 15x20x15 cm, lubang masuk diameter 5 cm, dan mempunyai cekungan ditengah alas glodog. Posisi glodog diletakan disamping luar dengan memotong beberapa jeruji kandang

6. Batu bata


Mungkin pembaca sangat heran, untuk apa batu bata disediakan. Jangan lupa parkit adalah burung berparuh bengkok, mereka perlu untuk memendekan ujung paruhnya dengan cara menggigit-gigit batu bata tersebut dan juga sebagai pensuplai mineral lain yang terkandung didalamnya.

7. Lokasi kandang 


Penempatan lokasi kandang usahakan tidak mengganggu atau terganggu. Artinya tidak mengganggu aktifitas kita dirumah dan tidak terganggu oleh manusia atau hewan pengganggu lainnya. Bila mereka sudah merasa nyaman, mereka akan mulai memasuki glodog yang telah disediakan. 

Ruang penempatan harus mempunyai sirkulasi udara yang baik, suhu ruang antara 38- 39 derajat celcius, tingkat kelembaban normal antara 60-70, dan tidak kurang cahaya walaupun sinar matahari masuk tidak langsung.

Bila suhu udara terlalu panas kita bisa mencoba dengan menggunakan kipas angin tambahan, sedangkan untuk menambah kelembaban kita dapat menaruh air dalam ember sekitar kandang. Sebagai penerang tambahan kita dapat menggunakan lampu LED putih sebesar 8 watts.


jenis burung parkit



Penjodohan Burung Parkit


Setelah semua persiapan kandang ternak telah tersedia secara lengkap, maka kita mulai mempersiapkan calon indukan yang akan kita ternak. Kedua calon induk yang akan diternak tidak boleh berumur kurang dari 6 bulan, artinya calon indukan sudah siap secara matang kelamin dan alat-alat reproduksi. 

A. Memilih indukan.


Prediksi umur dapat dilihat melalui bola matanya: 

1. 0-4 bulan iris/ring mata hitam.

jenis burung parkit


2. 4-6 bulan iris/ring mata abu-abu gelap.

jenis burung parkit


3. 6-8 bulan iris/ring mata abu-abu

jenis burung parkit


4. 8 bulan keatas iris/ring putih.

jenis burung parkit


Untuk membedakan burung parkit jantan dan betina dewasa sangat mudah dilakukan, kita dapat melihat warna dari daging diatas hidung atau disebut cere. 


jenis burung parkit


Bila berwarna biru menandakan parkit jantan, semakin tegas warnanya menandakan semakin dewasa dan siap sebagai pejantan. Sedangkan untuk parkit jantan jenis albinis cere berwarna pink, sedangkan betina berwarna putih atau kecoklatan.

B. Tahap penjodohan.


Setelah mendapatkan sepasang calon indukan tidak lantas kita masukan dalam kandang ternak. Sebab bisa saja terjadi saling serang,  sampai menyebabkan kematian.

Kita harus melakukan tahap pengenalan terlebih dahulu. Kedua burung kita tempatkan dalam kandang terpisah tetapi dalam posisi berdekatan, sambil kita melakukan pengamatan.

Dalam waktu beberapa hari kita akan melihat atau mendengar suara mereka sangat riuh dan saling bersahutan, bila malam tidur mereka saling berdekatan.

Bila sudah terlihat tanda-tanda seperti ini kedua parkit tersebut kita pindahkan kedalam kandang ternak yang telah disiapkan.

C. Masuk kandang ternak


Dalam kandang ternak parkit tidak langsung masuk dalam glodog yang telah disediakan. Mereka butuh waktu untuk merasa nyaman dalam glodog. Proses ini bisa berlangsung sebentar atau lama. Bila sudah merasa aman dan nyaman, kedua parkit selalu berada dalam glodog. Kadang mereka keluar sekedar untuk makan, minum atau bermain.

ternak parkit


D. Masa bertelur


Burung parkit saat bertelur tidak memerlukan bahan sarang seperti burung lainnya, itu sebabnya dasar glodog dibuat cekung agar telur tidak berserakan. Setiap induk parkit akan bertelur antara 4-7 butir, setiap bertelur 2-3 hari sekali.

Setelah bertelur sang induk akan langsung mengerami telurnya tidak seperti unggas lainnya, ini salah satu sifat burung paruh bengkok.

E. Masa mengeram


ternak parkit


Telur akan menetas setelah 14 hari masa pengeraman dan tidak sekaligus menetas tetapi satu persatu sesuai urutannya pada saat telur dikeluarkan. Bila dalam masa 4 minggu telur tidak menetas berarti gagal, atau untuk memastikannya kita bisa menggunakan lampu senter LED. Bila ternyata gagal kita  bisa membuangnya. Pada saat betina mengeram sang jantan biasanya menunggu didepan pintu glodog sambil sekali-kali memberi makan betinanya.

ternak parkit

F. Merawat piyik parkit


Ada 2 cara dalam merawat piyik, pertama  piyik dirawat oleh induknya langsung, kedua piyik diambil dan diloloh pakai bubur khusus paruh bengkok, tidak  disarankan menggunakan bubur bayi yang mengandung laktogen/susu.


ternak parkit


Meloloh piyik umur kurang 2 minggu dengan lebih 2 tentu saja berbeda cara, untuk piyik kurang 2 minggu kita harus menggunakan sendok plastik kecil,  sedangkan parkit umur 2 minggu lebih bisa menggunakan sendok atau menggunakan spet yang ujungnya sudah kita ganti dengan karet pentil. 

Jika kita menggunakan spet berpentil, usahakan karet pentil tersebut masuk sampai kedalam tembolok. Untuk yang belum mahir tidak disarankan menggunakan spet berpentil, karena bisa saja pada saat menyepet makanan tidak masuk kedalam tembolok tetapi kedalam saluran pernapasan, ini bisa berakibat fatal. 

Kita juga harus berhati-hati bila menggunakan bubur bayi, sebab biasanya bubur tersebut mengandung bahan laktogen, yang memang sangat tidak dianjurkan untuk semua burung paruh bengkok termasuk burung parkit. Lebih baik kita mengunakan bubur khusus untuk paruh bengkok yang banyak dijual untuk saat ini.   

ternak parkit

ternak parkit



Ketika anak parkit masih belum tumbuh bulu lengkap, maka kita harus menyediakan tempat khusus, bisa inkubator buatan, box plastik yang diberi lubang atau besek bambu. Semua ini untuk memberikan rasa hangat pada anak parkit tersebut dan terhindar dari binatang pemangsa.

ternak parkit

ternak parkit

G. Parkit umur 2 bulan


ternak parkit


Bila parkit telah berumur 2 bulan, kita pisahkan dalam kandang umbaran tersendiri. Agar mereka bebas bergerak untuk melatih otot sayapnya, dan setiap pagi disemprot air lalu dijemur. Kegiatan ini sangat penting dilakukan agar parkit bulunya terlihat sehat dan bersih.

F. Perawatan setelah mengeram


ternak parkit


Setelah selesai mengeram dan piyik sudah keluar glodogatau kita ambil, kedua indukan kita pindahkan dalam sangkar bulat untuk dimandikan dan dijemur sambil kandang dan glodog dibersihkan dari kotoran. 

Dan biarkan indukan beristirahat selama minimal 2-4 minggu, setelah itu baru dimasukan kembali dalam kandang ternak.

Selama dalam masa istirahat parkit diberikan makan yang bergizi tinggi sebelum dimasukan dalam kandang ternak kembali. Ada beberapa peternak yang memberikan pakan khusus berupa egg food selama masa istirahat dan setiap peternak mempunyai resep sendiri-sendiri.


Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻