6 Cara Membuat Artikel Di Blog Page One Google, Simak !

Content [Tampilkan]

Cara Membuat Artikel Di Blog


Blog adalah salah satu tempat untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa, namun itu akan berhasil jika blog mu sudah mendapatkan visitor, apalagi jika visitor yang di dapatkan berasal dari google atau bisa di sebut unique visitor. Ini merupakan peluang untuk menarik calon pembeli mengunjungi blog kamu.



Cara Membuat Artikel Di Blog




Maka agar mendapat sebuah visitor di perlukan sebuah konten yang menarik dan yang paling penting adalah berada di posisi teratas pencarian google.

Kenapa? Karena orang - orang yang melakukan searching artikel ataupun informasi lainnya pasti akan memilih yang berada di halaman pertama atau kedua saja. Mereka tidak akan menilik nya hingga page terakhir. Karena itu membuang waktu dan pastinya artikel pada posisi page one google adalah artikel yang sudah dipilih oleh google yang relevan dengan kata kunci yang di tulis di kolom pencarian.

Sehingga untuk membuat sebuah artikel berada di posisi teratas membutuhkan sebuah optimasi yaitu riset keyword

Apa sih riset keyword itu ? Dan bagaimana caranya melakukan riset keyword ?

Riset keyword adalah sebuah cara untuk melakukan pemilihan keyword atau kata kunci yang tepat sehingga bisa membidik para visitor untuk datang mengunjungi blog.

keyword terbagi menjadi 4 yaitu, short tail keyword, long tail keyword dan keyword musiman dan keyword abadi.

Cara Melakukan Riset Keyword 


Cara Membuat Artikel Di Blog


Dengan Riset Keyword yang baik dan benar, meskipun hanya ber subdomain blogspot, Satria Hewan mampu bersaing dengan blog berdomain seperti gambar diatas.

Untuk itu harus dilakukan pemilihan kata kunci. bagaimana caranya ? oke langsung saja.

1. Tentukan terlebih dahulu artikel apa yang akan kamu buat


Pertama adalah menentukan sebuah artikel yang akan dibuat, bertema apakah artikel itu. Disini saya memberikan contoh tentang cara membuat artikel dengan niche hewan.

Karena niche hewan maka saya memilih hewan apa yang akan di review. Saya memilih iguana.

Sampai disini berarti kita memilih kata kunci iguana. Kata kunci ini adalah kata kunci jenis short tail keyword atau pendek.

2. Masuk ke tools riset keyword


Disini kita membutuhkan sebuah tools untuk mencari keyword yang sudah ditentukan tadi. Agar kata kunci tersebut lebih spesifik.

Apa tools nya ? Ada banyak,mulai dari yang premium hingga yang gratis. Namun untuk tools gratis fiturnya terbatas. Dan untuk yang premium harus membayar. Jika kamu tidak memiliki banyak modal maka kamu bisa menggunakan tool gratis seperti Ubersuggest, Google keyword Planner, keyword shinker, dan masih banyak lainnya.

Saya disini menggunakan Ubersuggest, karena menurut saya fitur dari ubersuggest cukup lengkap dan bisa membantu sekali.

Caranya adalah dengan mengunjungi situs ubersuggest di https://app.neilpatel.com. Setelah itu akan masuk ke tampilan awal ubersuggest.


Cara Membuat Artikel Di Blog


Pilih country indonesia dan ketikan kata kunci nya. Disini saya mencari Iguana, maka akan muncul beberapa kategori kata kunci.


Cara Membuat Artikel Di Blog


Selanjutnya spesifikan lagi kata kunci dari pencarian kata kunci iguana. Saya disini memilih jenis iguana.

Cara Membuat Artikel Di Blog


Pada tahap ini saya berhasil mendapat kata kunci "jenis iguana". Dari kata kunci ini lah sekarang tinggal di buat artikel.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih kata kunci adalah SD dan Vol.

Jika SD atau search difficult nya dibawah 30 brarti itu masih tergolong mudah namun jika sudah mencapai 35 itu merupakan kata kunci dengan tingkatan menengah. Jika itu yang dipilih maka akan sangat susah untuk merangkat ke atas.

Cara Membuat Artikel Di Blog


Selain SD pertimbangkan juga vol pencarian dalam perbulannya. saya disini memilih "jenis iguana" dengan pertimbangan vol sekitar 590 pencari dalam satu bulan dan juga Search difficult sekitar 21.

3. Temukan Long tail Keyword


Cara di atas adalah menentukan short tail keyword, maka langkah berikutnya adalah menentukan long tail keyword. Fungsi dari longtail keyword sendiri adalah untuk membuat judul artikel. Sehingga dalam judul artikel tersebut mengandung sebuah kata kunci, jadi ketika seseorang mengetik dengan long tail keyword tersebut maka akan muncul artikel yang sudah kamu buat.

Melanjutkan kata kunci jenis iguana brarti selanjutnya adalah mencari long tail keyword dari jenis iguana

Di sini saya memilih kata kunci "jenis-jenis iguana"


Cara Membuat Artikel Di Blog


setelah itu pasang pada judul artikel kalian dan beri improvisasi sedikit agar lebih menarik.

Judul yang baik adalah judul yang terstruktur dan tidak membingungkan serta relevan dengan isi artikel.

Contoh : Jenis-jenis iguana maka kita bisa merubah menjadi "Mengenal Berbagai Jenis - Jenis iguana Yang Bisa Di Pelihara"
Silahkan gali creativitasmu untuk menentukan sebuah judul artikel. Seperti Contoh di atas.

4. Masukkan Kata Kunci di 100 kata pada paragraf pertama


Dengan memasukkan kata kunci pada paragraf pertama artikel bisa lebih mendongkrak artikel yang kamu buat untuk bisa menduduki posisi atas.


Cara Membuat Artikel Di Blog


Rangkailah kata kata mu secantik mungkin dan se indah mungkin serta yang paling wajib adalah mudah untuk di baca, tidak dempet dempet apa lagi berantakan.

5. Artikel Original


Setelah di review ternyata google lebih menyukai sebuah artikel yang original, Google akan memprioritaskan artikel original kepada para pembaca.

Untuk meyakinkan artikel yang sudah di susun adalah artikel original gunakan tools cek plagiarsm, banyak sekali toolsnya, namun saya rekomendasikan menggunakan smallseotools, karena tools tersebut gratis dan lengkap, namun untuk melakukan check artikel maks kata nya hanya 1000 kata saja. Jadi jika artikelmu lebih dari itu check lah secara bertahap.

Silahkan kunjungi url ini https://smallseotools.com/plagiarism-checker/. Copy artikel yang sudah di buat kemudian masukkan ke kolom yang sudah di sediakan dan klik button cek plagiarsm.

Cara Membuat Artikel Di Blog


Jika tidak ada plagiarsm maka akan muncul statistiknya.

6. Buat artikel dengan banyak kata


Sebenarnya banyak kata menurut saya tidak begitu mempengaruhi untuk berada diposisi atas, namun google hanya lebih suka dengan artikel yang banyak kata dan informatif. Bukan banyak kata tapi hanya bualan.

Malah saat ini algoritma google akan menentukan antara kerelevanan sebuah kata kunci dan isi artikel. Jika kata kunci yang di cari sangat relevan dengan isi artikel maka google akan menampilkannya di tranding atau cuplikan unggulan.

Cara Membuat Artikel Di Blog


Nah untuk itu maka buatlah artikel dengan jumlah kata minimal 350 - 600, jika ingin 1000 - 3000 kata atau lebih boleh saja, asal artikel tersebut sangat informatif, tidak hanya mengandalkan banyak kata tapi isi omong kosong. Salah satu blog dengan artikel hingga 1000 kata lebih adalah Panduanim.com, blog tersebut adalah sebuah blog internet marketing yang sangat baik menurut saya. Penulisan yang menarik, dan juga isi yang informatif dan sangat sesuai.


Cara Membuat Artikel Di Blog


Lalu apa yang di maksud dengan keyword musiman dan keyword abadi ?

Keyword Musiman adalah keyword yang hanya akan populer sesaat saja

contohnya : "Skor Pertandingan MU Vs Liverpool Tadi Malam"

Lalu Keyword Abadi adalah keyword yang akan ada untuk seterusnya.

contohnya : "Cara mengobati sakit perut"

Hal ini karena orang pasti bisa mengalami sakit perut.


Yups, itulah cara agar artikel yang kamu buat disukai oleh pencarian google, dan mendapat posisi teratas. Jika kamu punya cara lain yang lebih bagus bisa di diskusikan di kolom komentar ya.


Terima kasih.

0 Comment

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.