Sunday, December 2, 2018

Yuk, Mengenal Accelerated Mobile Page Untuk Blog

Yuk, Mengenal Accelerated Mobile Page Untuk Blog

Pasti tidak ingin kan kalau para penikmat konten blog pergi dan ini hanya karena loading blog yang lamban. Dalam jangka panjang, loading lama bisa membuat blog berakibat fatal. 

Wah kok bisa sih ?

Coba bayangkan kalau blog atau website tersebut adalah blog dengan tema e-commerce dengan penghasilan 20.000.000,- per harinya.. 

Mantap...


Dan seketika itu web/blog tersebut mengalami delay akses selama 1 detik saja, bagaimana efeknya ? apa akibatnya ? Ya ini berpotensi kehilangan keuntungan sekitar sebesar Rp 500.000.000,- per tahun.

Dan ini hanya karena website tersebut tampil 1 detik lebih lambat .. sedih kan .......

Ya disini lah AMP berperan untuk mengoptimasi kecepatan akses loading blog.

AMP PROJECT


Apa Itu AMP ?

"AMP ini adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang merupakan pustaka sumber terbuka yang menyediakan cara mudah untuk membuat halaman web yang menarik, smooth dan memuat secara instan bagi pengguna. Halaman AMP hanya halaman web yang dapat kalian tautkan dan dikontrol oleh kalian.

Pembahasan tentang AMP saat ini masih hangat untuk diperbincangkan oleh para rekan blogger. Ya terutama bagi blogger yang memperhatikan soal kecepatan loading blognya. AMP pertama kali muncul yaitu pada tahun 2016 tepatnya pada bulan februari lalu.

Ini membuat saya menjadi penasaran, dan mencari tahu lebih dalam.

Karena mempercepat akses halaman web/blog pada pencarian seluler merupakan hal yang baik.

Coba pikirkan jika mengakses suatu blog/website dari perangkat mobile dan mendapati webnya sangat lamban dalam me-load, menjengkelkan bukan, dan akhirnya pengunjung pergi dan tidak bisa menikmati konten kita.

Yuk kita kenali lagi apa itu AMP.......

Setelah mencari-cari referensi, ternyata AMP merupakan sebuah proyek yang digarap oleh Google untuk mempercepat akses website pada perangkat mobile. Dengan penerapan AMP, halaman blog atau website bisa di akses dalam waktu yang sangat cepat. Pengguna internet hanya memerlukan 0,00 sekian detik saja, angka yang fantastis bukan ?

Saya berfikir "Apakah sudah saatnya untuk mempercepat waktu loading blog untuk pengunjung yang mengakses lewat perangkat mobile ?

Mengapa bisa secepat itu ?

AMP ini bisa diibaratkan sebagai program diet pada HTML, dan inilah mengapa ada beberapa tag HTML tertentu yang tidak dapat digunakan.

Karena AMP merupakan versi HTML yang lebih ringan, ini akan memberi kita waktu pemuatan yang lebih cepat. HTML AMP dapat memotong (loading-time) sampai 15-85% lebih cepat daripada halaman non-amp.

AMP Cache dari google juga dapat membawa konten yang sudah terimplementasi AMP agar berada pada posisi teratas di mesin pencari. Dan inilah merupakan salah satu kelebihan AMP HTML.

Selain itu, AMP bertujuan menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa. Jika kita mencari informasi di internet dengan smartphone kita. Dengan waktu loading yang cepat, dijamin bahwa pengunjung akan tetap berada di dalam situs web kita, yang tentunya untuk menikmati konten pada website lebih lama, AMP ini juga akan membantu mendapatkan posisi bagus di mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo.

Jadi apa kesimpulannya ?

  • AMP merupakan proyek Google yang dirilis pada bulan Februari dengan tujuan untuk mempercepat loading halaman website/blog saat diakses menggunakan perangkat mobile.
  • Project AMP ini sifatnya adalah Open Source sehingga pengguna bisa melakukan modifikasi atau bisa mengembangkan AMP menjadi semakin baik tentunya.

Ini merupakan sebuah Inovasi baru. Inovasi untuk mengikuti perkembangan pengguna internet melalui perangkat mobile.

Meningkatkan pengunjung blog menggunakan AMP

Komponen AMP 

Untuk membuat Halaman Google AMP, ada 3 komponen utama yang di perlukan.

  • AMP HTML
    AMP HTML merupakan bagian dari HTML untuk konten artikel seperti berita. AMP HTML terdiri dari custom tag seperti amp-ad, amp-image, amp-video. Struktur AMP HTML akan meminimalisir penggunaan tag JavaScript, CSS, dan HTML sendiri. Cara meningkatkan pengunjung blog melalui AMP HTML ini akan memberikan prioritas akses melalui mobile. Beberapa hal yang dilakukan oleh AMP HTML di antaranya adalah menyesuaikan gambar, mengecilkan ukuran css, dan HTML serta melakukan inline CSS.
  • AMP JS
    AMP JS merupakan framework JavaScript untuk mempercepat akses melalui perangkat ponsel dengan metode asynchronous. Proses rendering di halaman website akan lebih cepat menggunakan AMP JS. Namun, perlu di ingat, penggunaan JavaScript dari pihak ketiga tidak dapat dilakukan dengan AMP.
  • AMP CACHE
    Google AMP akan menyimpan file website, sehingga ketika diakses berulang-ulang tidak perlu mengambil kembali di server. Cache akan diaktifkan ketika pengunjung mengakses website. Cache Google AMP akan divalidasi dan dikirimkan kembali ke website sehingga akses dari mobile semakin cepat.

Penggunaan AMP pada Blog

Bagaimana AMP bekerja ?

AMP bekerja dengan menerapkan pembatasan, ini terutama versi AMP-spesifik HTML dengan sifat AMP yang tercampur, dan versi AMP dari Javascript yang 100% async dan tidak pernah memblokir rendering konten. Anda masih dapat menggunakan JS (mis. untuk iklan atau konten tertentu) di iframe yang mungkin memuat lebih lambat, namun tidak memengaruhi waktu muat konten halaman.

Apabila sudah mengetahui mengenai facebook instant article, mungkin akan menemukan batasan dalam fitur Facebook tersebut. Hanya pemilik web yang dipilih saja yang dapat menggunakan fitur tersebut.

Tetapi dengan AMP, hampir semua orang dapat menggunakan dan mengimplementasikannya.

Manfaat Dari Menerapkan AMP Pada Blog

Dengan sudah tahunya tujuan dan fungsi AMP maka kita akan tahu apa manfaat yang akan didapatkan ketika Google AMP di terapkan dengan benar.

a. Membuat Pembaca Merasa Nyaman

Tujuan artikel dibuat tentunya untuk dibaca kan ? Nah agar pembaca merasa nyaman dengan artikel yang ditulis tentu pengalaman pertama yang harus diperhatikan selain kualitas artikel adalah kecepatan loading page. Semakin cepat loading halaman web maka pembaca akan merasa lebih nyaman tentunya. Semua pembaca dan pengguna ingin mendapat kecepatan akses.

Pembaca yang merasa nyaman dan tahu bahwa blog yang di kunjungi nya ringan dan cepat diakses, biasanya tertarik untuk membaca artikel yang lain yang ada dalam blog. Apalagi kalau navigasi blog nya sangat jelas. dengan ini bisa membuat bounce rate blog menjadi semakin kecil sehingga bisa tuh membuat Search Engine lebih percaya pada sebuah blog.

b. Beban Server Akan Semakin Ringan

Apabila blog yang dipakai masih menggunakan sumber daya yang terbatas, maka bisa nih gunakan AMP, yang ternyata dapat menurunkan pemakaian sumber daya yang digunakan. Karena dalam proses transfer data pada AMP tidak perlu untuk melakukan request css dan javascript seperti pada HTML. AMP sudah di design sedemikian rupa hingga lebih cepat dan ringan

c. Bisa Menambah Pengunjung Blog 

Tentu senang bukan kalau blog kalian di kunjungi banyak pembaca. Blog yang berkualitas ialah yang selalu memiliki pembaca yang setia. Ketika blog memberikan sebuah pengalaman yang baik maka itu yang menyebabkan blog memiliki pembaca yang setia. Seperti tingginya sebuah kualitas konten dan kecepatan load blog. Dengan menggunakan AMP pembaca setia yang menggunakan mobile browser akan mendapat pengalaman yang sama dengan pengguna dekstop.

Menerapkan AMP Pada BLOG

Bagaimana Cara Membuat Blog Menjadi AMP ?

Mungkin ini salah satu pertanyaan yang sering di cari ...

gimana sih cara nerapinnya agar blog jadi valid AMP.....

Kalo kalian pengguna CMS WordPress tidak perlu khawatir karena sudah tersedia plugin untuk mengaktifkan fitur AMP ini. Dengan memasang plugin AMP saja WordPress blog sudah bisa diakses dengan versi AMP.

Lalu kalau pakai Blogger (Blogspot) gimana ?

Kalau blog nya menggunakan blogger untuk menerapkan AMP harus menggunakan tag-tag kondisional khusus mobile. Sudah banyak juga blog yang menggunakan blogger beralih ke AMP.

Nah buat tag-tag agar web/blog bisa menjadi AMP bisa dilihat di website project nya AMP DI SINI.

Namun perlu di ingat jika AMP di terapkan pada blogger.com ini yang akan di hadapi, di antaranya :


Tampilan Blog Akan Menjadi Sangat Sederhana

Dalam sebuah blog Widget merupakan unsur SEO, seperti Recent Post contohnya, ini akan menjadi tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya pada template AMP ini. padahal widget ini merupakan bagian penting dalam perayapan robot mesin pencarian terhadap blog.

Tapi ini bisa di atasi dengan menggunakan iframe misalnya. Hanya saja, jika menggunakan pihak ketiga seperti ini, widget tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Apalagi kalau tidak tahu cara penerapan yang benar.

Pendapatan Iklan Akan Terpengaruh

Karena Pada AMP html tidak bisa menghendaki JavaScript selain dari yang sudah di sediakan developer AMP, maka pada platfrom Blogger, fitur iklan ini akan sangat berpengaruh, misal saja pemasangan iklan pada bagian tengah artikel, ini harus di nonaktifkan.

Padahal rata-rata sumber CPC terbesar dari iklan termasuk "Adsense" biasanya berasal dari pemasangan iklan di tengah postingan.

Anti Terhadap JavaScript 

JavaScript merupakan unsur pendukung dalam mendesign sebuah blog. dalam hal ini halaman yang menggunakan AMP tidak bisa memasang javascript selain yang disediakan oleh developer, yang support AMP. Mulai dari frame template yang hanya menghendaki satu model style disetiap tampilan, penggunaan gambar pada postingan, pemasangan script iklan, social share button dan lain sebagainya.

Semua yang berkaitan dengan template dan fitur-fitur yang terpasang pun harus benar-benar valid AMP, jika tidak, maka akan ada peringatan error validasi AMP dari google search console. Yang bisa berdampak pada pengindeks-an mesin pencari.

Harus Menggunakan Iframe

Karena tidak bisanya menggunakan JavaScript selain dari developernya, dalam mempercantik tampilan blog AMP ini bisa dengan menggunakan Iframe,misal dalam memasang widget-widget blog, contohnya Fanspage Facebook, Disqus Comment, dan lain-lain

Namun Iframe ini dianggap tidak mendukung SEO (Search Engine Optimization), tetapi dalam model AMP ini entah masih dianggap sama atau tidak, karena mengingat format penggunaannya yang berbeda dari penggunaan iframe yang dilakukan pada umumnya.

AMP Untuk SEO, Benarkah ?

Tak perlu ditanya lagi, pastinya pengunjung web selalu menyukai situs website yang cepat. Untuk mendapatkan yang seperti itu pada blog maka harus ada yang namanya optimasi, seperti pada gambar, konten, dll. Agar blog dapat terload lebih cepat. Inilah peran AMP hadir dalam blog untuk mengoptimasi hal tersebut.

Dalam Menentukan peringkat Google menyatakan bahwa kecepatan halaman dan kesiapan seluler adalah penentu peringkat tautan konten situs di SERP. Jika situs tersebut cepat dan dapat diakses dari perangkat seluler, itu lebih mungkin terlihat lebih tinggi di hasil pencarian.

Hal ini serupa dengan Google News Box, Modul AMP dapat memengaruhi hasil penelusuran organik dan tampil di bagian atas. Dampak pertama pada pemilih web yang belum menyadari kegunaan dari AMP adalah pertama-tama mereka akan mengalami turunnya jumlah pageviews dan klik, bahkan ketika peringkanya bagus.

Di saat yang sama, jika telah menyadari keuntungan dari AMP maka akn mengalami peningkatan peringkat dan kata kunci board maupun long tail (Keyword).

Haruskah Blog Berpindah Ke AMP ?

Kalau blog merupakan self-hosted atau wordpress, kenapa tidak menggunakan AMP,

Ya kenapa tidak menggunakan ? ini merupakan salah satu langkah menarik pageviews lebih tinggi ya menggunakan versi AMP. 

Apalagi WordPress ini sudah di dukung oleh banyak plugin contoh saja ada AMP for WordPress untuk pemasangannya pun terbilang mudah karena hanya perlu menginstal plugin dan pastikan settingan-nya benar.

Lalu gimana kalau blog nya numpang di blogger.com ?

AMP untuk Blogspot


Ya tidak mengapa kalau mau pindah ke type AMP asal mau menerima kosekuensinya seperti yang sudah di sebutkan diatas, dan juga penerapannya yang harus merubah semua kode, agar valid AMP karena blogspot ini tidak didukung plugin sebagaimana wordpress, jadi jika blog nya menggunakan blogspot harus tahu dan paham tentang CSS, HTML, agar bisa menerapkan halaman AMP yang valid.

Tetapi kalau dilihat prospek kedepannya nampaknya AMP HTML ini adalah solusi terkuat dalam teknologi era mobile seperti saat ini.

Yang sebelumnya pernah mengenal HTML5, Mobile-Friendly, CSS, dan lainnya, yang dikatakan masih kurang untuk memenuhi tantangan era teknologi zaman ini.

Apakah Panduan Techno akan beralih ke AMP ?

Mungkin ketika semua sudah siap dan tahu bagaimana cara penerapan AMP pada blogspot yang benar tidak ada salahnya Panduan Techno akan migrasi juga ke thema AMP.


Meningkatnya pengunjung menggunakan AMP

Kapan Blog Harus Pindah Ke Versi AMP ?

Gimana Setelah Baca mengenai AMP ?

Jadi mau pindah juga ke blog versi AMP ?

Sekarang tahu kan kalau AMP ini muncul dengan ciri khas nya yaitu tampilan yang ringan dan sederhana. Tujuannya ya agar para pengunjung mendapat akses blog yang super cepat dan hemat kuota pastinya.

AMP ini merupakan sebuah pilihan yang tidak wajib. Baik untuk mesin pencari atau visitor tertentu yang masuk melalui mesin pencarian, khusus perangkat mobile atau smartphone.

Pada platfrom blogger yang hanya memakai satu frame HTML memang bisa memakai AMP ini, ya tapi kembali lagi keterbatasan fitur yang digunakan. Belum semuanya bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh developer AMP. 

Nah buat para pengguna platfrom blogger yang mau pindah ke AMP sebaiknya Analisa dulu blog nya. Apa saja yang harus di analisa ? maka harus di perhatikan hal-hal berikut :

1. Pilihan Niche Blog 

Kalau niche blog nya banyak dicari dari perangkat mobile. Maka ini bisa jadi pertimbangan buat pindah ke AMP, Sebab tidak semua niche blog dapat pencarian banyak dari perangkat mobile seperti niche tutorial blog.

Buat yang pengin tahu niche blog lebih banyak di cari dari perangkat mobile atau tidak, bisa dengan memanfaatkan Google Planner. Gunakan analisa yang baik dan intelegent. 

2. Lihat Statistik Visitor Yang Berkunjung 


Mungkin kalau blog anda baru tidak perlu membuat tolak ukur dengan melihat statistik visitor blog.
Tapi, buat blog yang sudah lama dengan memperhatikan perangakat yang di gunakan untuk mengakses blog oleh para penikmat blog anda, ini merupakan opsi untuk migrasi ke tema AMP.

Jika ternyata, visitor lebih banyak datang dari mobile atau smartphone maka blog memenuhi kondisi untuk pindah ke AMP.

Cara mengetahuinya gampang kok, tinggal masuk ke panel dashboard yang sudah di sediakan oleh blogger.

Pengunjung Blog lebih banyak dari Mobile

3. Resiko Turunnya Traffic Blog

Dengan mengganti template blog, ini berpengaruh akan visitor blog yang menurun. meskipun bisa kembali normal tetapi ini butuh waktu yang tidak sebentar.

Jadi, jika kalian ingin berpindah ke versi AMP maka harus bisa menerima turunnya traffic blog ini.

Solusinya adalah buat langkah antisipatif. Seperti mengoptimasi blog atau menyediakan konten yang bisa mendongkrak visitor blog kembali.

4. Banyaknya Kekurangan AMP Template Pada Blogger

Widget yang biasanya digunakan sebagai pemercantik blog harus rela di lepas. Namun bisa saja widget-widget ini di pasang dengan bantuan Iframe tentunya.

Dan masih banyak beberapa fitur yang lain yang harus di hilangakan. Demi membuat halaman blog bertahan valid di AMP HTML.

5. Postingan Yang Harus di Edit 

Mungkin inilah kondisi yang sangat menjengkelkan, walaupun sebenarnya ini adalah hal yang tidak sulit, namun butuh ketelitian, kejelian, dan kesabaran, tergantung dari postingan yang ada di blog, mungkin bagi blog baru mudah saja, karena hanya sedikit postingannya.

Untuk membuat postingan menjadi valid AMP sangat banyak sekali peraturannya, mulai dari cara menghilangkan code <div style =''/>, pemasangan gambar yang harus ditambahkan code <amp-img>, dan masih banyak lagi. 

6. Punya Komitmen

Ganti template kok harus komitmen ....

Ya disini komitmen harus dipegang jika mengganti template ke versi AMP, Apabila tidak maka, akan menghabiskan lagi waktu untuk edit postingan lagi, disinilah anda harus mampu mempertahankan pilihan untuk terus menggunakan template AMP.

Bagaimana ? Jika sudah siap untuk mengekang keinginan untuk beralih lagi ke template non-AMP, maka ini bisa menjadi awal untuk anda menggunakan template versi AMP. 

Penutup

Karena AMP proyek merupakan sebuah proyek yang akan terus dikembangkan, sehingga akan menjadi lebih sempurna lagi. Semoga saja nanti kedepannya blogger bisa mendukung AMP, berharap kedepannya platfrom blogger akan full support AMP template, tanpa harus mengedit macam-macam.

Untuk para blogger yang sudah menggunakan template AMP bersyukurlah karena blog tersebut sudah beberapa langkah lebih maju.


Sekian informasi kali ini. Jika bermanfaat jangan lupa share ya

Semoga bisa menambah referensi. Terima Kasih 



Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻