Tuesday, November 27, 2018

6 Cara Mengantisipasi Virus Pada Smartphone

6 Cara Mengantisipasi Virus Pada Smartphone
Hai, kali ini panduan techno kembali berbagi tips.

Yaitu tips mengantisipasi malware pada smartphone yang diakibatkan karena charging sembarangan.

Antisipasi Virus Malware

Mau tahu tipsnya yuk simak langsung ......................

Ketika kita berpergian jauh seperti traveling, shopping, hunting dan sebagainya, tentu biasanya kita melakukan charging smartphone di tempat umum yang tersedia di rest area atau pusat pusat perbelanjaan. Hal tersebut tidak dapat dihindari oleh banyak pengguna smartphone ketika melakukan perjalanan jauh. Kebutuhan akan energi pada smartphone memang telah menjadi kebutuhan bak kebutuhan pokok, benar ?




Namun, tahukah kalian jika mengisi daya smartphone kita di tempat umum tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu bisa menimbulkan bahaya yang tanpa kita sadari.

Pada tahun 2018 sebuah studi dari Ponemus Institue menjabarkan bahwa kerugian akibat data secara global mencapai 56,5 miliar dengan jumalh 945 pelanggaran data yang menyebabkan 4,5 miliar catatan data diseluruh dunia hilang.

Mengerikan bukan ?

Banyak orang hanya sekedar memakai saja tanpa melihat sebuah perangkat yang dimiliki itu tidak diurus bahkan melakukan upgrade, hal inilah yang dapat menyebabkan rentan terhadap ancaman malware.

Lalu bagaimana ?

Tips Charging Hp

Antisipasi Ancaman Virus Pada Smartphone  

Mari kita simak penjelasan berikut untuk mengambil langkah antisipasi hal tersebut :

1. Gunakan Anti Virus Tidak Hanya Satu

Sistem kerja perlindungan keamanan data memiliki algoritma yang berbeda untuk mengidentifikasi virus. Manfaatkan penggunaan sistem keamanan anti virus lebih dari satu dapat melindungi perangkat hingga 100 persen. Maka dari itu, perlu layering atau pengamanan berlapis dalam melindungi perangkat.

2. Waspadai Port Charge

Jika sebuah port telah diretas, jumlah informasi yang didapatkan tidak terbatas mulai dari E-mail, SMS, Foto, hingga Kontak. Ini merupakan teknik peretasan Juice Jacking dengan sistem kinerja port yang telah diberikan malware. Jika anda mencolokkan smartphone ke sebuah stasiun pengisian perangkat, anda dapat terinfeksi dan semua data yang ada di dalam memori dapat diretas melalui kabel data yang biasa digunakan untuk mengisi daya smartphone.

3. Jangan Simpan Password Anda di Smartphone

Hindarilah menyimpan password penting anda didalam smartphone. Apabila peretas masuk kedalam server smartphone anda, maka seluruh informasi penting pada database dapat diakses dan diambil alih. Sistem kerja nya yaitu seperti wifi umum ketika perangkat telah terhubung dengan router yang sudah ditanamkan virus, data tersebut dapat dilihat oleh peretas.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Wifi Umum

Penggunaan wifi umum dapat diakses oleh siapapun. Hal ini menyebabkan peretas dapat menginject virus malware melalui router serta membuat pengguna yang menggunakan wifi umum dapat terserang virus pada smartphonenya.

5. Ganti Settingan Awal Pada Smartphone

Untuk menghindari malware yang berbahaya yang telah ditanamkan kepada peretas, reset ulang settingan pada perangkat baru setelah membeli smartphone merupakan cara ampuh untuk meminimalisir virus ini.

6. Jangan Unduh Aplikasi Smartphone Sembarangan

Jika anda mengunduh aplikasi dari situs yang tidak resmi tanpa memperdulikan sumber data yang didapat, maka harus berhati-hati bisa jadi aplikasi yang telah di download sudah dimasukkan virus oleh peretas untuk mendapatkan akses ke database informasi yang tersimpan di dalam smartphone.


Itulah beberapa cara untuk mengantisipasi virus pada smartphone anda.

Semoga Tips di atas bisa membantu ya ..................


Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻